Minggu, 13 Desember 2009

Anomali pd windows xp

http://www.homotron.net/images/homotron/img_22491_windows_xp_logo.jpg

hmm.. pasti pd bingung y, ada apa dengan windows xp kali ini?? silahkan dicoba sendiri yaa, untuk versinya windows XP..

Anomali 1
Anda tidak akan bisa membuat folder dengan nama CON di mana saja. Silahkan dicoba jika tidak percaya.

Anomali 2
Bagi anda pengguna sistem operasi Windows, coba lakukan langkah berikut:

1. Buka Notepad
2. Tulis “Bush hid the facts” (tanpa tanda kutip)
3. Simpan dimana saja
4. Close dan buka lagi.

Anda akan melihat text yang tersimpan tadi menjadi karakter aneh. Silahkan dicoba.
Anomali 3
buka notepad..terus ketikkan “.LOG” (tanpa tanda kutip) dan simpan dengan nama sembarang.lalu buka kembali..tulisan tadi akan berganti menjadi tanggalan dan jam saat anda menulis tadi.

Anomali 4
Dikatakan bahwa ini ditemukan oleh orang Brasil, silahkan dicoba sendiri.
Buka Microsoft Word dan ketik
=rand (100, 99)
Kemudian tekan ENTER , Lihat hasilnya :).

-
gimana? udah di coba belom? bingung?kaget? shock, putus asa? susah buang air besar? *lebay* okei2 gw kasih tau kalo kenapa kok hal itu terjadi diwindows.

-
Anomali 1 : CON Folder
Con adalah salah satu default reserved driver name dalam OS DOS dan Windows, yang tidak dapat digunakan sebagai nama file ataupun folder. Di Windows Nama folder dan Special System Variables berbagi dengan tampilan yang sama, karena itulah ketika anda membuat folder dengan nama System Variable akan dianggap folder tersebut sudah ada.

Karena itulah lw gak akan bisa menamai folder dgn nama berikut ini ( case sensitive)
CON, NUL, COM1, COM2, COM3, LPT1, LPT2, LPT3, COM1 hingga COM9 dan LPT1 hingga LPT9….
CON berarti console , COM1 berarti serial port 1 , LPT1 berarti parallel port 1 , kalo kata orang barat mah gini :

  • CON : Keyboard and display
  • PRN : System list device, usually a parallel port
  • AUX : Auxiliary device, usually a serial port
  • CLOCK$ : System real-time clock
  • NUL : Bit-bucket device
  • A:-Z: : Drive letters
  • COM# : #th serial communications port
  • LPT# : #th parallel printer port

* symbol # untuk sebuah angka
Ini jg berlaku di Linux, dimana hardware resource direpresentasikan layaknya suatu file. Misalnya: /dev/tty, /dev/null dsb. Tapi kita tetep bisa kok bikin folder CON, caranya:
- buka command prompt
- ketik “mkdir \\.\c:\con”
- akses direktori “dir \\.\c:\con”
- hapus direktori “rmdir \\.\c:\con”

Anomali 2 : Notepad “Bush hid the facts”
unsur politik? gak, sama sekali bukan.. ini adalah bugs microsoft yg hampir semua produk nya ada bug.
ketika kalimat “bush hid the facts” disimpan ke sebuah file, notepad menyimpan tanpa masalah. Bisa dibuktikan dengan membuka file tersebut dengan editor lain, misalnya wordpad. Masalah baru muncul waktu file tsb dibuka oleh notepad itu sendiri. Sebelum membuka file itu, notepad berusaha ngedeteksi encoding yg digunakan. Ternyata algoritma deteksi ini keliru jika file yang dimaksud mengandung kalimat dengan pola 4-3-3-5 karakter atau pola “xxxx xxx xxx xxxxx”,sehingga membentuk kode ASCII tertentu. Akibatnya file yg disimpan dalam encoding ANSI tsb malah dibuka dalam encoding UTF-16.

Anomali 3 : Notepad .Log
bugs lagi niy? bukan2 ini emang fasilitas dari microsoft untuk cetak tanggal sekarang.. ini mah pihak perusahaan juga dah tau, ini normal banget ,

SUMMARY
Microsoft Notepad is a word processing tool included with Windows and is installed by default under the Accessories program group. You can use it to create a log-type file that adds the current date and time each time the Notepad file is opened. This article describes how to create a log file with Notepad.

MORE INFORMATION
To create a log file in Notepad:
1. Click Start, point to Programs, point to Accessories, and then click Notepad.
2. Type .LOG on the first line, and then press ENTER to move to the next line.
3. On the File menu, click Save As, type a descriptive name for your file in the File name box, and then click OK. When you next open the file, note that the date and time have been appended to the end of the log, immediately preceding the place where new text can be added. You can use this functionality to automatically add the current date and time to each log entry.

sumber : http://support.microsoft.com/kb/260563

Anomali 4 : =rand (100, 99)

Kenehan ini sering dianggap bug pada Microsoft Office Word, namun sebenarnya hal-hal semacam ini merupakan hal yang lumrah yang dimasukkan oleh programer dalam mengetes oleh seorang tipografer atau sekedar iseng pada suatu produk. Karena programernya kebanyakan geek, dan gila game, maka muncullah kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” yang berulang pada kode itu. Hal-hal ini disembunyikan dan dapat diakses dengan cara-cara/trik-trik tertentu. Ini disebut “easter egg”. Trik di word itu salah satu easter egg.

rand berarti random

angka (200,99), 200 berarti paragraf, dan 99 berarti 99 kalimat per paragraf.

Coba anda ubah menjadi (1,1) atau angka lainnya, hasilnya akan berbeda.

sumber : http://support.microsoft.com/default.aspx?scid=kb%3Ben-us%3B212251

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://blogergadgets.googlecode.com/files/blogger-page-navi.v1.js